Sejarah Sebuah Nama Persib

pelita-bandung-raya.blogspot.com > Persib Bandung > Ulang Tahun Persib Ke-80

Portal Barudak bandung Bersatu - Terpilihnya nama besar Persib Bandung, mempunyai sejarah yang begitu panjang. Awal mulanya Persib Bandung bernama Bandoeng Indische Voetbal (BIVB) yang didirikan pada tahun1923, Ketum pada saat itu adalah Syamsudin yang merupakan seorang Pejuang Nasionalis.


BIVB merupakan salah satu klub sepak bola yang memiliki sejarah lahirnya PSSI pada 19 April 1930, bersama VIJ Jakarta, SIVB (Persebaya), MIVB (PPSM Magelang), MVB (PSM Madiun), VVB (Persis Solo), PSM (PSIM Yogyakarta).

Setelah mempunyai organisasi sepak bola, baru setahun kemudian digelar Perserikatan yang Pertama. BIVB gagal di final setelah dihempaskan VIJ Jakarta pada tahun 1933.

BIVB pudar namanya karena meredup dan muncul dua nama yang menggantikan BIVB, yakni Sepak Bola Indonesia Bandung (PSIB) dan Nasional Voetbal Bond (NVB).

PSIB dan NVB akhirnya melebur menjadi satu pada Tanggal bersejarah 19 Maret 1933 yang memunculkan sebuah nama kebanggan sepak bola Jawa barat Persib Bandung, yang diketuai oleh Ketum Persib pertama, yakni, Anwar St. Pamoentjak. Dan pada saat itu klub yang bergabung menjadi binaan Persib yaitu, Siap, Soenda, Diana, Mtahari, Ovu, HBOM, Ran dan Singgalang.

Dari sejarah kita bisa menyimak, bahwa sebelumnya di Kota Bandung telah memiliki 2 klub sepak bola. Sekarang pun Kota Bandung memiliki dua klub sepak bola, lanjutan dari Ligina jilid pertama yakni Persib dan Pelita Bandung Raya (Bandung Raya).

Dengan mempunyai dua klub, akan saling membantu bahkan mungkin Persib bisa Juara andaikata adiknya Pelita Bandung Raya dapat mengalahkan musuh-musuh kakaknya di Indonesia Super Liga (LSI), minimal mengurangi poin Lawan-lawan Persib.

Mari Kita dukung dua klub tersebut agar Jawa Barat umumnya dan Kota Bandung khususnya kembali memiliki klub yang  kembali menjadi kiblat Sepak Bola Indonesia, terutama pada era legendanya Pemain Persib.
Tags:

Portal Barudak Bandung Bersatu

Portal ini berisi tentang berita dan informasi sepakbola BANDUNG, nasional dan Internasional. Portal Barudak Bandung Bersatu mengulas lebih banyak mengenai sepakbola, dan merupakan pendukung Bandung dengan slogan 'SEPARUH AKU' Pendukung Persib dan Bandung raya Besatu.